Gambar Ukuran Lapangan Lompat Jauh - Materi Penjas

Materi Penjaskes SMA. Gambar Ukuran Lapangan Lompat Jauh. Sebelumnya saya sudah posting tentang Materi Teknik Passing Atas Permainan Bola Voli. Lompat jauh termasuk dalam salah satu cabang atletik untuk nomor lompat. Lompat jauh ini adalah olahraga yang menggabungkan kecepatan (speed), kekuatan (stenght), kelenturan (flexibility), daya tahan (endurance), dan ketepatan (acuration) dalam upaya untuk memperoleh jarak lompatan sejauh-jauhnya. Para peneliti membuktikan bahwa suatu prestasi atletik lompat jauh bergantung pada kecepatan daripada awalan atau ancang-ancang. Oleh karena itu, di samping memiliki kemampuan sprint yang baik juga harus didukung dengan kemampuan dari tolakan kaki atau tumpuan.

Dalam lompat jauh, ada beberapa gaya yang biasa diperagakan para pelompat, di antaranya gaya jongkok, gaya menggantung atau gaya lenting, dan gaya jalan di udara. Dalam hal melakukan teknik lompat jauh, seperti awalan, menumpu, melayang, dan mendarat, ketiga gaya ini pada prinsipnya sama saja. Namun, perbedaan dari ketiga gaya ini dapat dilihat dari kondisi sikap tubuh pelompat pada saat melayang di udara.

Baik sob, kita tidak perlu panjang lebar. Langsung saja untuk gambar dan ukuran lapangan Lompat jauh kita bahas di bawah. Untuk Peraturan Lompat jauh, sejarah lompat jauh dan teknik melakukan lompat jauh, akan kita bahas untuk postingan selanjutnya.

1. Gambar Lapangan Lompat Jauh :
lapangan lompat jauh
2. Ukuran Lapangan Lompat Jauh :
Jarak lompatan diukur dari papan tolakan sampai batas terdekat dari letak pendaratan yang dihasilkan oleh bagian tubuh pelompat. Panjang lintasan hingga papan tumpuan umumnya 45 meter dan lebar lintasan 1,22 m. Sementara, papan lompatan memiliki panjang 1,22 m dan lebar 20 cm dengan ketebalan 10 cm. Jarak papan tumpuan pada bak lompat adalah 1 m. Bak lompat yang digunakan dalam lompat jauh sepanjang 9 m dengan lebar 2,95 m. Untuk lebar tempat pendaratan, jaraknya paling sedikit 2,75 m antara garis tolakan sampai akhir tempat tolakan.

- Keterangan ukuran lapangan lompat jauh

a. Panjang bak lompat 9 m
b. Lebar bak lompat = 2,75 m
c. Lebar lintasan awalan = 1,22 m
d. Lebar papan tumpu = 20 m
e. Panjang papan tumpu = 1,22 m
f. Bak lompat diisi dengan pasir

Nah, itulah keterangan lengkap dengan gambar tentang ukuran lapangan lompat jauh. untuk Materi Teknik dalam melakukan Lompat jauh silahkan baca di sini.

Download Artikel di Sini