Teknik Dasar Renang Gaya Punggung (Back Crawl Stroke) yang Benar

Cara Renang Gaya Punggung atau biasa dikenal Back Crawl Stroke ini yang sempat saya share setelah beberapa hari yang lalu mengenai Cara Renang Gaya Kupu-Kupu (Butterfly Stroke) - (Baca di Sini). Renang adalah salah satu jenis olah raga yang banyak disukai banyak orang. Karena selain segar, juga bisa membuat tubuh sehat, terutama untuk jantung dan paru-paru. Selain itu dalam olahraga renang, kita bisa melakukan beberapa gaya yang antara lain adalah, gaya punggung, kupu kupu, katak, gaya bebas dan lain-lain.
renang gaya punggung
Semua gaya itu bila kita sudah mahir berenang, akan mudah dilakukan, apalagi gaya punggung. Karena teknik renang gaya punggung memang sedikit istimewa dibanding dengan teknik renang gaya lain. Renang Gaya Punggung (Back Crawl Stroke) Merupakan gaya yang paling berbeda dengan yang lainnya karena kita dengan posisi wajah menghadap ke atas, sehingga kita tidak bisa melihat ke depan.

Renang Gaya punggung (Back Crawl Stroke) merupakan gaya renang yang paling mudah karena posisi tubuh dalam keadaan terlentang. Renang gaya punggung memberikan keindahan saat melakukan pernafasan.

Belajar Renang Gaya Punggung

Ketika melakukan olahraga renang gaya punggung, kekuatan waktu terlentang di atas air lebih besar bila dibandingkan dengan ketika sedang telungkup. Hal ini bisa terjadi karena lebar dan luas punggung lebih besar daripada dada. Karena itu bisa dikatakan,sebenarnya teknik renang gaya punggung lebih mudah dipraktekan daripada gaya yang lain. Namun entah kenapa, banyak orang, bahkan atlet renang sekalipun, yang mengatakan bila renang gaya punggung lebih sulit di lakukan.

Mungkin hal ini disebabkan karena kebanyakan orang menggunakan gaya bebas atau kupu-kupu maupun gaya katak (Gaya dada) ketika pertama kali berlatih renang.

Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam teknik renang gaya punggung urutannya adalah seperti ini :

1. Gerakan kaki pada renang Gaya Punggung.
  • Kaki kanan dan kiri digerakkan naik turun secara bergantian (seperti orang yang sedang berjalan /seperti gaya bebas tetapi dengan posisi wajah menghadap ke atas).
  • Kaki digerakkan bergantian dengan cukup cepat agar arah renang Anda tidak melenceng/berbelok.
2. Gerakan tangan pada Renang Gaya Punggung.
  • Posisi awal satu tangan lurus di atas kepala
  • Kemudian langsung mengayuh ke belakang menuju pinggang
  • Kemudian angkat keluar dari permukaan air dan kembalikan ke posisi awal
  • Lakukan hal yang sama dengan tangan yang satunya
Jadi tangan kiri dan kanan bergerak secara bergantian, ketika tangan kiri keluar dari dalam air, tangan kanan masuk ke dalam air, begitu seterusnya.

3. Gerakan kombinasi tangan, kaki & mengambil nafas
Kaki terus bergerak seperti pada point 1 di atas.
Dengan gaya ini, tidak akan ada masalah kesulitan dalam pengambilan nafas karena wajah kita berada di atas air.

Mungkin yang jadi masalah adalah apakah kita sudah sampai ujung kolam atau belum, karena kita tidak bisa melihatnya (mata kita menghadap ke atas). Hal ini bisa diatasi dengan menghitung gerakan tangan.

Tips dalam melakukan Renang Gaya Punggung :
  1. Posisi kaki jangan terlalu di permukaan air, melainkan agak ke dalam masuk ke dalam air (hal ini akan membantu kecepatan. juga memudahkan kepala tetap berada di atas)
  2. Kaki terus bergerak, jangan berhenti (hal ini agar arah renang kita tidak melenceng/berbelok).
  3. Telapak kaki agak diluruskan sedemikian rupa sehingga menjadi lurus / sejajar dengan tulang kaki
  4. Posisi kedua kaki berdekatan satu dengan yang lainnya.
  5. Dagu agak didekatkan ke dada, hal ini akan membantu kecepatan dalam berenang.
  6. Gerakan tangan ketika masuk ke dalam air, maka sisi telapak tangan yang masuk ke dalam air terlebih dulu (hal ini memperkecil tahanan dari air)

Renang Gaya Punggung

Nah, itulah cara atau teknik dasar melakukan renang gaya punggung (Back Crawl Stroke). Semoga bermanfaat bagi sobat. Amin

Link Alternatif (Download Artikel) :

0 Response to "Teknik Dasar Renang Gaya Punggung (Back Crawl Stroke) yang Benar"

Post a Comment