Bagaimana Proses Metamorfosis Kupu-Kupu serta Gambarnya

Sobat Zona Pelajar, pada kesempatan ini saya akan update mengenai Proses-proses Metamorfosis Kupu-Kupu setelah beberapa hari yang lalu saya nulis artikel mengenai Jenis-Jenis Makhluk Hidup (Baca di sini).

Berbicara mengenai metamorfosis kupu-kupu, berarti sobat perlu harus tau dulu apa metamorfosis itu? pengertian metamorfosis secara umum adalah suatu proses perkembangan biologi pada hewan yang melibatkan perubahan penampilan fisik dan/atau struktur setelah kelahiran atau penetasan. Perubahan fisik itu terjadi akibat pertumbuhan sel dan differensiasi sel yang secara radikal berbeda.

Proses Metamorfosis Kupu-kupu, tahap proses metamorfosis pada kupu-kupu : Telur, Ulat, Kepompong, dan Kupu-kupu.
metamorfosis kupu-kupu
Proses metamorfosis kupu-kupu melalui beberapa tahap fase. Fase pertama adalah telur (ovum, plural ova), fase kedua adalah ulat atau caterpillar (larva, larvae), fase ketiga adalah kepompong atau kokon atau chrysalis (pupa, pupae) dan fase keempat adalah insekta berupa kupu-kupu atau imago (plural imagines).

Telur
Telur akan menetas menjadi larva setelah 3 – 5 hari.

Larva (Ulat)
Setelah telur menetas menjadi larva maka larva akan mencari makan, tetapi beberapa larva mengkonsumsi cangkang telurnya yang kosong sebagai bahan makanan pertama. Pada saat pertumbuhan, kulit luar larva tidak ikut meregang, tetapi ketika kulit luar larva menjadi sangat ketat, larva akan berganti kulit. Pada umumnya larva berganti kulit sebanyak 4 – 6 kali, periode pergantian kulit (molting) disebut juga instar. Ketika larva telah mencapai pertumbuhan maksimal maka larva akan berhenti makan lalu mencari tempat berlindung dan melekatkan diri pada ranting atau daun. Pada tahap ini larva telah berada pada fase prepupa dan akan melepaskan kulit terakhir kali untuk membentuk pupa (kepompong).

Pupa (Kepompong)
Meskipun pada saat fase pupa seperti periode istirahat, tetapi di dalam pupa sedang terjadi proses pembentukan kupu-kupu yang berlangsung sekitar 7 – 20 hari tergantung jenis spesies.

Kupu-kupu
Setelah kupu-kupu muda keluar dari pupa (kepompong) maka kupu-kupu muda akan merangkak ke atas sehingga sayapnya yang lemah, kusut dan agak basah dapat menggantung ke bawah serta mengembang secara normal. Setelah sayap kering, mengembang, dan kuat maka sayap akan membuka dan menutup beberapa kali, kupu-kupu muda akan mencoba terbang, kupu-kupu muda akan tumbuh menjadi kupu-kupu dewasa dan berada pada fase imago.

Nah, itulah penjelasan proses metamorfosis dari Telur -> Ulat -> Kepompong -> Kumpu-kupu. Semoga bermanfaat. Amin

Download Artikel di Sini

0 Response to "Bagaimana Proses Metamorfosis Kupu-Kupu serta Gambarnya"

Post a Comment