Ciri-Ciri Virus, Replikasi dan Peran Virus dalam Kehidupan

Download Artikel Ciri-Ciri Virus, Replikasi dan Peran Virus dalam Kehidupan
Ciri-Ciri Virus, Replikasi Virus dan Peran Virus dalam Kehidupan. Itulah yang kita bahas dalam kesempatan ini. Tetapi sebelum lanjut, baca artikel sebelumnya mengenai Proses Metamorfosis Kupu-kupu serta Gambarnya (Baca di sini).

Berbicara mengenai Virus berarti kita harus tau Virus itu apa sih? Pengertian virus adalah adalah partikel sangat kecil yang pada dasarnya terdiri atas materi genetik yang diselubungi protein. Virus dapat bereplikasi secara bebas di dalam kromosom sel tapi tidak di dalam sel mereka sendiri. Untuk memperbanyak diri, virus harus masuk ke dalam sel inang dan menggunakan perangkat replikasi sel inang untuk bereplikasi.
ciri-ciri virus, pengertian virus
Sering sekali muncul pertanyaan "Apakah Virus itu hidup ?". Lalu apa sebenarnya definisi “hidup?” Sebuah definisi ilmiah yang pasti tentang hidup adalah sebuah hal yang sulit dijelaskan, tetapi kebanyakan pengamat akan setuju bahwa hidup mencakup kualitas-kualitas tertentu selain dari kemampuan untuk bereplikasi. Hidup adalah sebuah keadaan yang terikat dengan kelahiran dan kematian. Virus secara esensial menjadi parasit bagi semua aspek kehidupan biomolekuler. Yaitu, mereka tergantung pada sel inang untuk memperoleh bahan baku dan energi yang diperlukan untuk sintesis asam nukleat, sintesis protein, pemrosesan dan transport, dan semua aktivitas biokimia lainnya yang membuat virus bisa memperbanyak diri dan menyebar.

Virus tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Pada dasarnya, penggunaan kaata virus ini sering kita jumpai di dalam biologi dan komputer. Secara harafiah keduanya memiliki arti yang serupa, namun bentuk yang berbeda.

Di dalam biologi, virus berasal dari bahasa Latin yang berarti racun. Pada umumnya, virus dapat menyebabkan penyakit pada semua makhluk hidup dengan tingkat keparahan yang beragam. Virus juga amat sulit untuk dilihat dengan menggunakan mata telanjang, mengingat bentuknya yang sangat kecil.

Virus hanya bisa kita lihat dengan menggunakan mikroskop elektron dan lolos dari saringan bakteri (bakteri filter). Cabang ilmu biologi yang secara khusus mempelajari tentang virus disebut sebagai virology.

Mempelajari ciri-ciri, replikasi dan peran virus dalam kehidupan merupakan hal yang penting, mengingat virus sangat berbahaya dan mengancam kehidupan kita. Sebenarnya, virus pertama kali ditemukan oleh Dmitri Ivanowsky pada tahun 1892 dari Russia.

Di Russia ada sebuah penyakit yang menyerang tanaman tembakau yang disebut sebagai mozaik tembakau. Penyakit ini berupa munculnya bercak kuning pada daun tembakau. Pada mulanya Ivanowsky menduga bahwa penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri.

Setelah itu, di Belanda pada tahun 1899, seorang ilmuwan yang bernama M. Beyenrick menemukan virus ketika sedang meneliti penyakit mozaik pada tembakau. Dari penelitiannya, ia menduga bahwa penyebabnya adalah bakteri yang sangat kecil.

Kemudian penelitian ini disempurnakan oleh Wendell M. Stanley seorang ilmuwan Amerika Serikat yang berhasil mengkristalkan virus penyebab mozaik tembakau pada tahun 1935. Virus tersebut sekarang ini kita kenal sebagai TMV (Tobacco Mozaic Virus).

Untuk lebih jelas mengenai ciri-ciri, replikasi dan peran virus dalam kehidupan, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Ciri-ciri virus

Pada dasarnya, mikroorganisme ini memiliki beberapa ciri khas, di antaranya adalah sebagai berikut :
  • Virus tidak bisa dikatakan sebagai sel karena tidak memiliki protoplasma dan organel sel
  • Virus hanya tersusun dari selubung protein di bagian luarnya dan asam nukleat di bagian dalamnya
  • Berdasarkan asam nukleat yang ada di dalam virus, ada dua jenis, yaitu ARN dan AND
  • Virus hanya dapat berkembang biak pada medium yang hidup (embrio, jaringan hewan dan tumbuhan)
  • Bahan yang diperlukan untuk membentuk tubuh baru virus berasal dari sitoplasma sel yang diinfeksi
  • Jika berada di luar makhluk hidup atau organisme, tubuh virus akan mengkristal
  • Memiliki ukuran mikroskopik yang lebih kecil dari bakteri, yaitu sekitar 20 – 300 milimikron.
Replikasi virus

Pada dasarnya, virus masih banyak menimbulkan debat di antara para peneliti, apakah virus termasuk ke dalam benda mati atau benda hidup ? Sebagian menyatakan virus sebagai benda mati karena dapat mengkristal dan bersifat aseluler (bukan sel).

Namun, sebagian lagi menyatakan bahwa virus benda hidup karena dapat bereproduksi di dalam organisme. Pada dasarnya, virus terdiri dari banyak sekali bentuk yang beraneka ragam pula, ada yang memanjang (batang), oval, bulat dan seperti huruf T atau virus T.

Satu unit lengkap yang mampu menginfeksi suatu organisme disebut sebagai virion. Pada dasarnya, virus terdiri dari 2 bagian, yaitu :
  1. Bagian dalam yang terdiri dari asam nukleat DNA atau RNA
  2. Bagian luar atau selubung protein yang disebut kapsid
Virus T mempunyai beberapa bagian, yaitu :
  • Kepala yang terdiri atas DNA di dalamnya dan kapsid di luarnya
  • Leher
  • Selubung ekor
  • Serabut ekor
  • Bagian dasar
Peranan virus

Sebenarnya, tidak semua virus merugikan bagi makhluk hidup. Ada beberapa virus yang memberikan keuntungan bagi manusia, yaitu :
  • Sebagai bahan dasar pembuatan vaksin
  • Sebagai bahan pembuatan anti toksin
  • Dapat melemahkan bakteri di dalam tubuh
Namun, sebagian besar virus memang merugikan, di antaranya adalah :
  • Merupakan penyebab penyakit mozaik pada tembakau
  • Menyebabkan penyakit kerdil pada padi
  • Menyebabkan beberapa penyakit berbahaya bagi manusia
Inilah sekilas mengenai ciri-ciri, replikasi dan peran virus dalam kehidupan serta pengertian virus. Semoga bermanfaat

Download Artikel Ini Sekarang

0 komentar:

Post a Comment