Teknik Renang Gaya Dada - Cara Renang Gaya Dada yang Benar

Teknik Cara melakukan renang gaya dada patut dikuasai oleh para calon atlet perenang atau siapa saja yang membutuhkan , hehe maka dari itu saya luangkan waktu saya sedikit untuk share artike tentang renang gaya dada. setelah beberapa hari yang lalu saya share mengenai teknik-teknik melakukan renang gaya bebas.

Dan bagi adik-adik yang mendapat tugas membuat makalah penjas khususnya materi renang, ini juga sebagi bahan tambahan untuk tugas makalah penjas kalian. Dan cocok juga buat para guru penjas seluruh di indonesia, luar negeri pun juga bisa selama mereka mengerti bahasa indonesia. hehe .! terutama saya pribadi sebgai guru olahraga yang lumayan masih muda alia abg tua.. heheh (apa hubungannya dengan artikel ini) maaf. sekali-skali bercanda gak apa-apan kan bapak/ibu guru yang baik hati. :D
teknik renang gaya dada
Cara berenang gaya dada. Baik langsung saja kita bahas mengenai renang gaya dada. Renag gaya dada biasa dikatakan gaya katak alias Chest Stroke dalam bahasa bule'nya karena posisi badan saat melakukan renang gaya dadi hampir sama dengan katak alias kodok.. beda ya? kalau dikampung saya, sama aja bapak/ibu guru . hehe Renang adalah salah satu cabang olahraga yang biasa diajarkan oleh guru penjas di sekolah.

Dalam melakukan pembelajaran renang, guru pendidikan jasmani harus ekstra hati-hati dalam melakukan pengawasan peserta didiknya. Hal ini dikarenakan karena renang sangat membahayakan keselamatan bagi peserta didik yang belum bisa berenang. Di sinilah peran seorang guru penjas diuji dalam melakukan pembelajaran renang. Gaya renang yang paling mudah diajarkan bagi pemula adalah Gaya Dada. Berikut mengenai Teknik Dasar Renang Gaya Dada :

Gerakan Kaki pada Renang Gaya Dada
  1. Kaki ditekuk (lutut dibengkokkan/ditekuk)
  2. Kemudian tendangkan/luruskan kaki dengan posisi kedua kaki terbuka (kaki kiri dan kaki kanan saling berjauhan)
  3. Masih dalam posisi kaki lurus, kemudian kaki dirapatkan (sampai telapak kaki kiri dan kanan agak bersentuhan)
  4. Ulangi langkah a – c di atas.
Jadi urutan gerakan kaki gaya dada ini :
1) tekuk, tendang, rapatkan
2) tekuk, tendang, rapatkan
dan seterusnya.

Renang Gaya Dada

Gerakan Tangan pada Renang Gaya Dada
  • Posisi awal, kedua tangan lurus di atas kepala (kedua telapak tangan saling bertemu dan menempel) Kemudian tarik tangan ke samping kanan dan kiri, tetapi tidak perlu terlalu ke samping (cukup tarik ke samping selebar bahu dan selebihnya tarik ke bawah)
  • Luruskan tangan kembali.
  • Ulangi langkah a – c di atas
Jadi urutan gerakan tangan gaya dada ini :
1) luruskan tangan di atas kepala, gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan
2) luruskan tangan di atas kepala, gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan
dan seterusnya.

Gerakan kombinasi tangan, kaki & mengambil nafas pada renang gaya dada :
  • Gerakan tangan dan kaki dilakukan bergantian.
  • Pengambilan nafas dilakukan ketika gerakan tangan ke samping kiri dan kanan, kemudian kepala mendongak ke atas sambil mengambil nafas
Nah, gimana untuk penjelasan singkat mengenai materi renang gaya dada di atas? semoga artikel ini bermanfaat! Amin. Dalam postingan selanjutnya InsyaAllah saya posting mengenai Gambar-gambar dan Video Renang Gaya Dada.

0 Response to "Teknik Renang Gaya Dada - Cara Renang Gaya Dada yang Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel