Proses Terjadinya Gerhana Matahari : Gambar Gerhana Matahari

Gambar Gerhana Matahari dan Proses Terjadinya Gerhana Matahari. Alhamdulillah saya update lagi postingan tentang pendidikan pelajaran Fisika yaitu seputar gerhana matahari serta gambarnya. Untuk proses terjadinya gerhana bulan saya akan update untuk kesempatan berikutnya. Jangan lupa like untuk mendapatkan update terbaru dari situs ini. (Update Artikel : Proses Terjadinya Gerhana Bulan)
Menurut para ahli astronomi, Gerhana merupakan proses tertutupnya matahari atau bulan secara tiba-tiba. Gerhana dibedakan menjadi dua, yaitu gerhana bulan dan gerhana matahari. Namun untuk kali ini yang akan dibahas adalah proses terjadinya gerhanan matahari.

Gerhana matahari terjadi jika bulan melintas di antara Bumi dan Matahari. Bumi yang berada di daerah umbra akan mengalami gerhana matahari total, sedangkan bumi yang berada di daerah penumbra akan mengalami gerhana matahari sebagian (parsial). Gerhana matahari terjadi pada waktu siang hari. Proses terjadinya gerhana matahari dapat dilihat pada gambar di bawah. Kita lihat bahwa posisi Matahari - Bulan - Bumi berada pada satu garis lurus.
Gerhana Matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.
gerhana matahari
Gerhana matahari ini juga memiliki tiga jenis: gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, dan gerhana matahari cincin. Selanjutnya kita bahas ketiga jenis gerhana matahari :

Gerhana matahari total terjadi jika bulan berhasil menutupi seluruh bayangan matahari, sehingga pada saat itu, Bumi tampak 'gelap' dikarenakan sinar matahari tertutup sempurna oleh bulan.

Gerhana matahari sebagian terjadi jika bulan hanya dapat 'menutupi' sebagian matahari. Saat terjadi gerhana matahari sebagian, matahari tampak seperti bulan sabit yang besar di langit.
gerhana matahari
Sedangkan gerhana matahari cincin terjadi jika bulan berada dalam posisi terjauh dari Bumi. Bulan saat itu menutupi matahari di tengah-tengahnya dan menyisakan cahaya matahari di sekelilingnya yang tampak seperti lingkaran cincin. Lalu, pada satu bagian, tampak seberkas cahaya matahari mengintip di sekitar bulan. Makanya, peristiwa ini disebut gerhana matahari cincin.

Ssstt! Kata astronom, gerhana matahari ini akan terjadi kembali bulan November nanti, lho. Hmm, diperkirakan nantinya gerhana matahari itu akan dapat disaksikan di daerah Samudera Atlantik dan benua Afrika.

Update

Proses Terjadinya Gerhana Matahari

  1. Gerhana matahari terjadi jika bulan berada di antara matahari dan bumi dalam satu garis lurus.
  2. Gerhana matahari terjadi ketika bulan berada pada fase bulan baru saat bulan memang sedang berada di antara matahari dan bumi sehingga bayang-bayang bulan jatuh ke permukaan bumi.
  3. Tidak semua area mengalami gerhana. Hanya area di bumi yang dilewati bayang-bayang bulan yang akan mengalami gerhana.
  4. Di siang hari, pada saat terjadinya gerhana matahari, bulan sedikit demi sedikit menutupi matahari dan pandangan kita. Lama kelamaan, matahari tertutup seluruhnya dan kita menyebutnya dengan gerhana total.
  5. Bayang-bayang bulan ada dua bagian, yaitu umbra dan penumbra.
  6. Penumbra adalah bayangan kabur yang terjadi pada saat gerhana atau terjadinya bayangan pada benda gelap (tidak tembus pandang) bulan
  7. Umbra adalah bayangan inti yang berada di bagian tengah sangat gelap pada saat terjadi gerhana bulan.

Jenis-jenis Gerhana Matahari lengkap dengan Gambar

Gerhana Matahari

Gerhana matahari adalah gerhana yang terjadi saat posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari. Posisi ini membuat sebagain atau seluruh cahaya matahari yang harusnya terpancar ke bumi terhalang oleh bulan. Akibatnya, daerah yang seharusnya terkena cahaya matahari jadi gelap gulita. Di langit akan nampak matahari seperti tertutup sebuah benda, menjadi hitam. Meski bulan lebih kecil dari matahari namun bayangan bulan akan membesar dan menutup sebagian muka bumi yang sehadap dengan bulan dan matahari.

Gerhana matahari terbagi menjadi 4 jenis berdasarkan posisi bayangan yang dihasilkan oleh posisi bulan. Pertama adalah gerhana matahari total, lalu gerhana matahari sebagian, gerhana matahari cincin dan yang terakhir gerhana matahari hibrida.

Gerhana Matahari Total
Gambar gerhana matahari total
Gerhana matahari total terjadi saat matahari benar tertutup dengan sempurna oleh bayangan dari bulan. Di langit hanya ada matahari yang menjadi bulatan hitam tanpa ada celah cahaya sedikit pun. Bayangan umbra melewati tepat tengah matahari, dan memblokir semua cahaya yang seharusnya mengenai bumi. Saat terjadi gerhana matahari total, kita dapat melihat matahari di luar atmosfer yang biasa disebut dengan corona.

Gerhana Matahari Sebagian
Gambar Gerhana Matahari Sebagian
Gerhana matahari sebagian terjadi saat bayangan dari bulan tidak benar-benar membuat permukaan bumi jadi gelap sempurna. Hal ini terjadi karena piringan bulan tidak menutup secara sempurna piringan matahari yang nampak dari bumi. Saat ini terjadi, bayangan penumbra yang mengenai bumi. Bukan bayangan utama seperti saat terjadi gerhana matahari.

Gerhana Matahari Cincin
Gambar Gerhana Matahari Cincin
Gerhana Matahari cincin terjadi karena ukuran bulan yang nampak dari bumi lebih kecil dari ukuran matahari. Hal ini mengakibatkan tidak semua cahaya dihalangi oleh permukaan bulan. Bayangan yang menimpa bumi hanya sebagian saja, dan di langit akan terlihat lingkaran seperti cincin cahaya dari permukaan matahari yang masih nampak dari bumi.

Gerhana Matahari Hibrida

Gerhana ini relatif jarang terjadi sepanjang sejarah manusia mengobservasi gerhana. Gerhana matahari hibrida adalah gerhana yang bergeser dari gerhana matahari total ke gerhana matahari cincin. Pada titik tertentu di permukaan bumi akan terlihat gerhana matahari total dan pada titik yang lain akan terlihat gerhana matahari cincin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel