Contoh Karya Ilmiah yang Benar Tentang Sampah

Materi Bahasa Indonesia. Tugas Membuat Karya Tulis Ilmiah. Artikel tentang Sampah. Berbicara tentang sampah, mungkin di antara sobat sudah sering mendengarnya karena hampir 100% sampah ada di sekitar kita, bukannya begitu? hehe! ya lanjut saja. SAMPAH merupakan masalah yang dihadapi hampir seluruh Negara di dunia. Tidak hanya di Negara-negara berkembang, tetapi juga di negara-negara maju, sampah selalu menjadi masalah. Rata-rata setiap harinya kota-kota besar di Indonesia menghasilkan puluhan ton sampah.

Contoh Karya Tulis yang Bagus dan Benar. Sampah-sampah itu diangkut oleh truk-truk khusus dan dibuang atau ditumpuk begitu saja di tempat yang sudah disediakan tanpa apa-apakan lagi. Dari hari ke hari sampah itu terus menumpuk dan terjadilah bukit sampah seperti yang sering kita lihat. Sampah yang menumpuk itu, sudah tentu akan mengganggu penduduk di sekitarnya. Selain baunya yang tidak sedap, sampah sering dihinggapi lalat. Dan juga dapat mendatangkan wabah penyakit.
contoh karya tulis ilmiah yang benar, artikel tentang sampah
Contoh Karya Ilmiah. Sampah adalah bahan yang tidak mempunyai nilai atau tidak berharga untuk maksud biasa atau utama dalam pembikinan atau pemakaian barang rusak atau bercacat dalam pembikinan atau materi berkelebihan atau ditolak atau buangan”. (Kamus Istilah Lingkungan, 1994). “Sampah adalah suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber hasil aktivitas manusia maupun proses alam yang belum memiliki nilai ekonomis.” (Istilah Lingkungan untuk Manajemen, Ecolink, 1996). “Sampah adalah sesuatu yang tidak berguna lagi, dibuang oleh pemiliknya atau pemakai semula”. (Tandjung, Dr. M.Sc., 1982) “Sampah adalah sumberdaya yang tidak siap pakai.” (Radyastuti, W. Prof. Ir, 1996).

Sampah berasal dari rumah tangga, pertanian, perkantoran, perusahaan, rumah sakit, pasar, dsb. Secara garis besar, sampah dibedakan menjadi:

1. Sampah organik/basah
Contoh : Sampah dapur, sampah restoran, sisa sayuran, rempah-rempah atau sisa buah dll yang dapat mengalami pembusukan secara alami.

2. Sampah anorganik/kering
Contoh : logam, besi, kaleng, plastik, karet, botol, dll yang tidak dapat mengalami pembusukan secara alami.

3. Sampah berbahaya
Contoh : Baterai, botol racun nyamuk, jarum suntik bekas dll.

Mungkin kita tidak perlu panjang lebar di sini, langsung saja sobat perhatikan contoh karya tulis ilmiah yang benar ini tentang sampah :

RINGKASAN

Pemanasan global merupakan ancaman bagi seluruh dunia, yang salah satunya disebabkan oleh kerusakan lingkungan akibat plastik. Karena untuk membuatnya saja, diperlukan 12 juta barel minyak per tahun, dan 14 juta pohon ditebang. Kebutuhan akan plastik sudah sangat banyak sekali, hal ini menyebabkan sampah plastik yang dihasilkan sangat banyak pula.Sampah plastik ini mencemari tanah, air, laut, bahkan udara.

Limbah marmer dari industri-industri marmer di Indonesia sangat banyak jumlahnya. Limbah marmer ini oleh masyarakat masih belum dimanfaatkan secara optimal. Bahkan limbah marmer ini malah mencemari sungai. Akibatnya sungai-sungai disekitar industri marmer ini tidak dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk keperluan sehari-hari.

Jika hal ini tidak ditangani maka pencemaran lingkungan akibat sampah plastik dan limbah marmer akan semakin parah saja. Salah satu solusinya yaitu memanfaatkannya kembali untuk didaur ulang menjadi barang yang berguna. Di karya ilmiah ini sampah plastik dan limbah marmer akan dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan ornamen bangunan.

Metode penulisan yang digunakan yaitu kualitatif atau kajian pustaka. Pertama, mengumpulkan bahan pustaka yang relevan dengan topik yang ditulis baik dari media cetak, makalah maupun internet. Kedua, bahan – bahan yang dikumpulkan kemudian ditelaah dan dianalisis kemudian disaring kembali menjadi sebuah karya tulis. Ketiga, Bersambung....!!!

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Pemanasan global merupakan ancaman bagi seluruh dunia, yang salah satunya disebabkan oleh pencemaran lingkungan akibat plastik. Sebagaimana yang diketahui, plastik yang mulai digunakan sekitar 50 tahun yang lalu, kini telah menjadi barang yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Diperkirakan ada 500 juta hingga 1 milyar kantong plastik digunakan penduduk dunia dalam satu tahun. Ini berarti ada sekitar 1 juta kantong plastik per menit. Untuk membuatnya, diperlukan 12 juta barel minyak per tahun, dan 14 juta pohon ditebang. Karena kebutuhan akan plastik sangat banyak maka sampah yang dihasilkan menjadi banyak pula.

Sampah plastik diperkirakan membutuhkan waktu 100 hingga 500 tahun hingga dapat terdekomposisi (terurai) dengan sempurna. Sampah kantong plastik dapat mencemari tanah, air, laut, bahkan udara. Kantong plastik terbuat dari penyulingan gas dan minyak yang disebut ethylene. Minyak, gas, dan batu bara mentah adalah sumber daya alam yang tak dapat diperbarui. Semakin banyak penggunaan plastik, berarti semakin cepat menghabiskan sumber daya alam tersebut.

Saat ini sampah plastik sudah sangat banyak jumlahnya. Di Indonesia saja diperkirakan terdapat 100.000 ton sampah plastik per hari. Sampah plastik ini mencemari lingkungan sekitar masyarakat. Dampak yang diakibatkan oleh sampah plasik ini sangat banyak, anatra lain :
  • Tercemarnya tanah, air tanah, dan makhluk bawah tanah.
  • Racun-racun dari partikel plastik yang masuk ke dalam tanah akan membunuh hewan-hewan pengurai di dalam tanah seperti cacing.
  • PCB yang tidak dapat terurai meskipun termakan oleh binatang maupun tanaman akan menjadi racun berantai sesuai urutan rantai makanan.
  • Kantong plastik akan mengganggu jalur air yang teresap ke dalam tanah.
  • Menurunkan kesuburan tanah karena plastik juga menghalangi sirkulasi udara di dalam tanah dan ruang gerak makhluk bawah tanah yang mampu meyuburkan tanah.
  • Sampah plastik ini menyumbat aliran air sungai sehingga di musim kemarau sering terjadi banjir.
  • Sampah plastik mengeluarkan zat yang berbahaya bagi organisme – organisme hewan di air sehingga menyebabkan hewan – hewan tersebut mati.
Limbah marmer dari perusahaan – perusahaan misalnya di Tulungagung sangat melimpah jumlahnya. Puluhan perusahaan marmer setiap hari mengebom gunung, memecah batu marmer dan memolesnya sebagai barang siap jual yang dipasarkan hingga ke mancanegara. Namun, dalam proses itu, perusahaan marmer juga menghasilkan volume limbah marmer yang tidak sedikit, bahkan tergolong melimpah, misalnya saja di daerah Tulungagung. Dalam sekali produksi volume limbah yang dihasilkan diperkirakan 5-10%. Jika sebuah perusahaan memproduksi 20 ton per hari berarti volume limbah yang dihasilkan sekitar 1-2 ton per hari. Itu merupakan jumlah yang sangat besar. Bersambung...!!!

B. Tujuan
  1. Untuk menangani masalah pencemaran lingkungan akibat sampah plastik dan limbah marmer.
  2. Untuk mengetahui pemanfaatan sampah plastik dan limbah marmer sebagai alternatif ornamen bangunan.
  3. Untuk mengetahui proses pendaurulangan sampah plastik dan limbahnmarmer sebagai ornamen bangunan untuk solusi penanganan lingkungan.
  4. Untuk mengetahui nilai ekonomis sampah plastik dan limbah marmer sebagai alternatif ornamen bangunan untuk solusi penanganan pencemaran lingkungan.
C. Manfaat
  1. Bagi masyarakat, untuk memberikan pengetahuan pendaurulangan sampah plastik dan limbah marmer sebagai ornamen bangunan untuk solusi penanganan lingkungan.
  2. Bagi pengusaha, dapat memberikan manfaat sebagai salah satu alternatif dalam mengembangkan usaha pembuatan ornamen bangunan berbahan baku campuran olahan sampah plastik dan limbah marmer untuk solusi penanganan pencemaran lingkungan.
  3. Bagi penulis lain, karya ilmiah ini dapat memberikan informasi untuk melakukan kajian lebih lanjut tentang pendaurulangan sampah plastik dan limbah marmer sebagai bahan baku alternatif ornamen bangunan untuk penanganan pencemaran lingkungan.
Ya, mungkin tidak perlu saya posting seluruh isi dari contoh karya ilmiah di atas, jika sobar bermina silahkan Download Gratis Contoh Karya Karya Tulis Ilmiah di Sini.

0 Response to "Contoh Karya Ilmiah yang Benar Tentang Sampah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel