Standar Ukuran Lapangan Sepak Bola Versi FIFA

Standar Ukuran Lapangan Sepak Bola Versi FIFA. Ya, update lagi seputar ukuran lapangan khususnya lapangan sepak bola setelah beberapa hari yang lalu saya update mengenai sejarah sepak bola, peraturan-peraturan permainan sepak bola, dan bukan hanya sepak bola tapi cabang olahraga lain juga seperti bulutangkis, futsal, bola basket, bola voli, sepak takraw dan cabang olahraga lainnya. :)
ukuran sepak bola
Apabila Anda adalah pecinta olahraga yang satu ini tentu akan setuju. Olahraga sepak bola yang kerap ditonton oleh jutaan pencintanya di layar televisi baik event piala dunia (world cup), ataupun liga-liga domestik seperti liga Inggris, Italia atau Spanyol. Hampir setiap event liga yang diselenggarakan sepanjang tahun, atau piala dunia yang lima tahunan selalu membawa gairah baru bagi pecintanya.

Namun pernahkah Anda memperhatikan luas lapangan pemain sepakbola tersebut? Berbedakah antara yang satu dengan yang lainnya? Di satu waktu Anda melihat lapangan yang terlihat sangat luas dimana antara pemain yang satu dengan yang lainnya sangat berjauhan. Tetapi di lain waktu yang lainnya lagi Anda melihat antara pemain yang satu dengan pemain sepakbola lainnya sangat berdekatan.

Apakah sekarang kita semua mulai berpikir bahwa lapangan sepak bola yang sedang kita lihat di televisi tersebut tidak sesuai dengan standar ukuran lapangan sepak bola internasional versi FIFA.

FIFA - Federation Internationale de Football Association- sebagai penguasa segala persepakbolaan di bumi ini padahal telah membuat standar ukuran lapangan sepak bola internasional sesuai dengan versinya. Namun memang FIFA tidak bisa memaksakan sebuah lapangan sepakbola yang sedang menggulirkan Liga domestik di suatu negara harus menjalankan standar ukuran lapangan sepakbola internasional.

Namun begitu, FIFA telah menetapkan standar-standar pertandingan internasioanal harus mengacu kepada peraturannya manakala sebuah pertandingan sepakbola diadakan. Seperti pada event Piala Dunia, pertandingan persahabatan dan pertandingan yang berstandart FIFA lainnya.

Faktor-faktor Ukuran Lapangan Sepak Bola Internasional Tidak Mengikuti FIFA

FiFA memang tidak secara langsung membatasi berapa seharusnya lapangan sepakbola memiliki ukurannya. Karena biasanya setiap negara memiliki pertimbangannya masing-masing. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor, seperti:
  • Ukuran Lapangan sepakbola harus disesuaikan dengan nilai hiburan yang akan ditampilkan bagi penggemar atau penontonnya
  • Ukuran Lapangan sepakbola disesuaikan dengan kapasitas stadion
  • Ukuran Lapangan sepakbola yang diterapkan diharapkan mampu meningatkan kualitas taktik dan permainan sepakbola (seperti di Liga Inggris)
Standar Ukuran Lapangan Sepakbola International Versi FIFA

Terlepas dari pertimbangan-pertimbangan dari setiap negara yang berbeda. FIFA pada tahun 2007 membuat standar ukuran lapangan sepak bola internasional. Walaupun masih dalam batas ukuran minimal dan maksimal yang berarti belum ada standart yang saklek dalam hal ini.
  • Panjang Minimal: 100 yards (90 meter)
  • Panjang Maksimal:130 yards (120 meter)
  • Lebar Minimal: 50 yards (45 meter)
  • Lebar Maksimal: 100 yards (90 meter)
Sepak bola adalah olahraga milik penduduk dunia ini. Semakin tahun berganti dan bergulir berbagai kompetisi sepakbola baik lokal, domestik, benua maupun internasional membuat pencintanya bertambah.

Kesimpulannya adalah tak harus menerapkan standar ukuran lapangan sepakbola internasional versi FIFA. Yang terpenting adalah bagaimana pencintanya atau penontonnya bahagia dan gembira ketika menikmati olahraga kesukaannya tanpa dibatasi aturan FIFA. Sumber : http://www.anneahira.com/ukuran-lapangan-sepak-bola-internasional.htm

0 Response to "Standar Ukuran Lapangan Sepak Bola Versi FIFA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel