Rangkuman Materi Bahasa Indonesia SMA Kelas X Bab 1

Materi Pelajaran Bahasa Indonesia. kali ini saya akan share Menulis Rangkuman Materi Ajar Bahasa Indonesia Kelas X BAB 1 setelah beberapa hari yang lalu saya share Menulis Contoh Paragraf Naratif.
menulis rangkuman, materi bahasa indonesia, kelas x BAB 1
Nah, saatnya anda pelajari isi dari materi B.Indonesia BAB 1, berikut rangkumannya :
  • Berita adalah cerita atau keterangan, laporan, pemberitahuan mengenai kejadian atau peristiwa yang sedang hangat dibicarakan. Secara umum sebuah berita mengandung unsur 5W1H (what, who, when, where, why, dan how). Maksudnya, dalam sebuah berita biasanya terdapat apa kejadian yang diberitakan, siapa yang mengalami, di mana dan kapan terjadinya, mengapa dan bagaimana peristiwa itu terjadi.
  • Perkenalan merupakan salah satu bagian penting dalam kegiatan sehari-hari, khususnya kegiatan yang bersifat formal seperti rapat, seminar, penyuluhan, dan sebagainya. Hal-hal umum yang perlu diungkapkan dalam perkenalan antara lain: nama lengkap dan gelar, tempat dan tanggal lahir, alamat, pekerjaan atau jabatan, pengalaman pendidikan, riwayat pekerjaan, hobi, dan informasi lain yang sesuai dengan kegiatan yang diadakan.
  • Sebuah paragraf terdiri atas satu kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas. Paragraf yang baik setidaknya memuat empat unsur, yaitu kesatuan (kohesi), kepaduan (koherensi), kelengkapan, dan kevariasian. Berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf dibedakan menjadi paragraf deduktif, induktif, dan campuran. Selanjutnya, berdasarkan teknik pemaparannya, dibedakan menjadi paragraf narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi.
  • Membaca puisi merupakan salah satu bentuk kegiatan mengapresiasi puisi. Membaca puisi dalam hal ini adalah kegiatan membaca yang bersifat ekspresif. Maksudnya, kegiatan mengekspresikan teks puisi sehingga apa yang mulanya berbentuk tulis (teks) dapat “dihidupkan” dalam bentuk lisan dengan penuh penjiwaan. Agar upaya menghidupkan bahasa tulis menjadi bahasa lisan dapat berhasil harus memperhatikan beberapa aspek, yaitu lafal, nada, tekanan, dan intonasi.
Nah, demikianlah cara menulis rangkuman bahasa indonesia yang sempat share, ingat rangkuman ini hanya dari BAB 1 saja kelas X. jadi kesempatan lain saya akan share materi selajnjutnya. Semoga bermanfaat. Amin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel