Tips Agar Lulus Ujian Nasional : Tips dalam Menghadapi UN

Zona Pelajar. Tips Agar Lulus Ujian Nasional : Tips Dalam Menghadapi Ujian Nasional. Untuk bisa melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, saat ini siswa-siswi harus melewati Ujian Nasional dahulu. Tujuan adanya Ujian Nasional itu adalah untuk mengukur tingkat kemampuan kognitif siswa-siswi selama belajar dengan standar nasional.
Tips Lulus Ujian Nasional
Namun, Ujian Nasional ini terkadang menjadi momok yang menakutkan sejumlah pihak. Baik itu dari guru, orangtua, maupun siswanya sendiri. Mereka takut siswa-siswinya tidak lulus dalam Ujian Nasional tersebut.

Baca Juga : Kisi-Kisi Ujian Nasional (UN) SMA/Sederajat dan SMP/Sederajat.

Tips Ujian Nasional, Apakah sobat Zona Pelajar sudah mempersiapkan diri untuk ujian nasional? sebaiknya teman teman sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian nasional, walaupun masih terhitung beberapa bulan lagi. namun jika teman teman bingung tentang apa yang harus dipersiapkan dalam ujian nasional nantinya, berikut daradaeng.com akan akan memberikan 10 tips dalam menghadapi ujian nasional, selengkapnya silahkan disimak ulasan dibawah ini :

1. Jaga Kesehatan

Tentunya hal pertama adalah menjaga kondisi badan. Bagaimana mau belajar jika badan kita sakit, kurang gairah, kesehatan itu mahal, coba bayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan jika kita berobat ke dokter, atau berapa kerugian yang ditimbulkan jika badan kita loyo, tidak bergairah dan lemas, Masa depan kita akan jadi taruhannya.

2. Belajar dan tetap rileks.

Walaupun Ujian Nasional cukup mejadi momok yang menakutkan sebagian siswa-siswi, namun kamu harus tetap tenang menghadapinya. Tetaplah belajar maksimal dan rileks agar bisa menempuh ujian tersebut dengan sukses.

3. Ikuti program pembelajaran di sekolah dengan baik

JIka tubuh kita terasa sehat, penuh semangat, maka hidup secara otomatis kita akan di penuhi dengan gairah dan kebahagiaan yang begitu besar, didalam mengikuti program mata pelajaran di sekolah pun akan lebih bersemangat.

4. Membuat rangkuman pelajaran

Pelajaran yang lalu terkadang ada yang terlupakan oleh kamu. Untuk itu, kamu bisa mengingatnya kembali dengan cara membuat rangkuman. Buatlah rangkuman pelajaran yang akan diujikan. Dengan begitu, kamu bisa mempelajari dan mengingatnya lebih mudah.

5. Persiapkan diri Banyak berlatih dengan soal

Dari tahun ketahun yang namanya ujian ya seperti itu, soalnya pun tidak jauh berbeda, untuk itu, banyak-banyaklah berlatih soal, pahami tiap bentuk soal, pada dasarnya, yang membedakan hanya susunan kalimatnya saja, konsepnya tetap sama. Satu konsep kamu kuasai, Insyah Allah soal seperti apapun akan mudah kamu hadapi.

6. Mempersiapkan perlengkapan ujian

Mempersiapkan perlengkapan ujian juga sangat penting kamu lakukan. Pastikan Anda sudah memiliki alat-alat tulis, seperti pensil, papan ujian, penggaris ujian, dan alat-alat tulis lainnya.

7. Buat jadwal belajar mulai dari sekarang

Point keempat ini juga gak kalah penting suatu hal yang tertekstur dan teratur pola secara rapi maka hasilnya juga akan memuaskan. Sebagai contoh jadwal harian yang pernah aku buat, misal pad hari senin kita belajar bahasa indonesia, dan hari selasa khusus mempelajari matematika, hari rabu mempelajari ipa, biologi, kimia dan fisika, hari kamis belajar bahasa Inggris dan seterusanya.

8. Berdoa

Mintalah doa restu dari kedua orang tua, salah satu doa yang paling mujarrab adalah doa orang tua kepada anaknya. Mintalah restu kepada kedua orang tua kamu. Hal ini dapat menambah rasa pecaya diri yang luar biasa bagi kamu.

9. Jangan Lupa Sarapan

Hal ini yang penting, saking semangatnya mengikuti ujian, kita sampai lupa hukum kekekalan energi bahwa kita tidak bisa berfikir maksimal kalu perut belum terisi, logika gak jalan tanpa logistik.

10. Jangan melakukan kecurangan

Banyak cara untuk bisa menempuh kesuksesan dalam Ujian Nasional. Salah satunya adalah mencontek. Pada saat Ujian Nasional nanti kamu disarankan untuk tidak mencontek karena bisa membuat bingung dan membuang tenaga saja. Mencontek pada buku catatan atau teman akan membuang memori kerja otak dan tenaga 3 kali lipat dari pada kamu mengerjakan dengan usaha dan kemampuan yang dimiliki.

11. Meminta restu

Mintalah restu kepada orangtua, keluarga, dewan guru, dan teman-teman agar Ujian Nasional nanti bisa sukses. Selain itu, meminta dukungan dari mereka juga bisa membuat kamu lebih merasa tenang. Mereka bisa memberikan nasihat atau saran yang memotivasi kamu untuk bisa sukses dalam Ujian Nasional.

12. Perbanyak ibadah

Ketika kamu sudah melakukan kedelapan cara di atas, cara terakhir yang kamu harus lakukan adalah perbanyak ibadah. Mintalah doa kepada-Nya agar diberikan kemudahan saat menghadapi Ujian Nasional nanti. Itulah cara mudah agar lulus Ujian Nasional. Sebelum mengerjakan ujian, alangkah baiknya untuk memanjatkan doa kepada-Nya agar kamu diberikan kemudahan. Selain itu, tetaplah rileks agar kamu bisa menyelesaikan soal-soal ujian itu dengan mudah. Selamat meenjalankan Ujian Nasional. (NR)

Demikianlah artikel pendidikan Zona Pelajar tentang kiat kiat menghadapi tes ujian nasional, semoga dengan menerapkan 12 tips diatas Kamu dapat lulus ujian nasional tahun 2014.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel