Perbedaan Soal CPNS 2014 untuk Pelamar Umum dengan PPPK

Zona Pelajar. Kali ini saya akan mencoba share seputar info cpns 2014 dimana informasi cpns tahun ini sangat dibutuhkan bagi calon pendaftar cpns. Nah pada kesempatan kali ini yang saya share adalah Perbedaan Soal CPNS pelamar Umum dengan PPPK. Langsung saja simak beritanya.
Pertanyaan mengenai soal CPNS adalah merupakan pertanyaan mendasar yang menjadi tanda tanya besar setiap pelamar CPNS tidak terkecuali bagi pelamar umum ataupun PPPK.

Seperti berita yang telah beredar saat ini, bahwa pengumuman penerimaan cpns yang akan segera diumumkan akhir Juni mendatang dengan metode ujian menggunakan sistem CAT CPNS rupanya membuat para calon pelamar CPNS semakin giat mencari informasi terbaru tentang perekrutan abdi negara tersebut.

Di dalam ujian mendatang, baik pelamar dari kalangan umum ataupun PPPK akan menggunakan sistem CAT. Hal ini tentunya akan sangat berbeda dengan penerimaan tahun 2013 sebelumnya, dimana khusus honorer sistem ujian masih menggunakan metode LJK sedangkan pelamar umum sudah menggunakan metode Computer Assisted Test.

Perbedaan Soal Tes CPNS Umum dengan PPPK

Tes CPNS yang diberikan untuk kalangan umum dan kalangan PPPK tentu akan berbeda, walaupun keduanya sama sama menggunakan sistem CAT yang telah dijelaskan diatas. Berikut adalah perbedaan dari keduanya

1. Bobot Soal

Bobot soal tes CPNS yang diberikan kepada pelamar umum dan PPPK akan berbeda, dimana bobot tes kesulitan soal CPNS bagi kalangan Umum adalah lebih sulit daripada bobot kesulitan soal PPPK. Dengan kata lain tingkat kesulitan soal ujian CPNS PPPK adalah lebih enteng.

Walaupun memiki tingkat kesulitan yang berbeda, baik soal tes TKD CPNS umum maupun PPPK sama sama terdiri dari TWK (Tes Wawasan kebangsaan), TIU (Tes Intelegensi Umum) dan Tes Kepribadian.

2. Passing Grade

Passing Grade yang diterapkan diantara keduanya adalah berbeda. PPPK memiliki passing grade yang lebih rendah daripada golongan umum. Hal ini dikarenakan PPPK telah memiliki masa bakti kerja kepada negara dibanding pelamar dari umum

3. Soal Tes

Soal Tes yang diberikan kepada PPPK adalah hampir selevel dengan soal Tes CPNS Umum formasi SMA. Soal tes tentunya akan berbeda tingkat kesulitan antara soal untuk lulusan SMU, D3, Sarjana dan pasca sarjana. Akan tetapi soal tes cpns untuk PPPK bisa dikategorikan satu level dengan soal CPNS Umum SMA walaupun yang bersangkutan adalah lulusan diploma ataupun sarjana.

Tingkat kesulitan soal ujian CPNS untuk PPPK dianggap lebih enteng karena selain memang mereka telah memiliki masa kerja, kebanyakan dari jumlah total mereka juga adalah lulusan SMA dan masih terdapat juga diantara mereka yang merupakan lulusan SMP terutama honorer lama yang telah memiliki masa bakti sebelum tahun 2005. Sehingga dengan hal seperti ini tingkat kesulitan soal pun dibuat menjadi lebih gampang.

4. Waktu Ujian

Ujian PPPK dan Umum tidak akan disamakan pelaksanaannya. Jika pada tahun 2013 lalu, ujian PPPK digelar lebih awal - rupanya tahun 2014 ini, kejadian tersebut akan berulang kembali. Pelaksanaan ujian CPNS tahun ini akan dilaksanakan setelah Pemilihan Presiden walaupun Pengumuman sudah akan diumumkan mulai Juni mendatang.

Mungkin sudah jelas perbedaan soal cpns 2014 pelamar umum dangan PPPK, semoga bermanfaat!

0 Response to "Perbedaan Soal CPNS 2014 untuk Pelamar Umum dengan PPPK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel