Cara Membuat Pidato Singkat dan Contoh Pidato

Selamat sore, kembali lagi saya membagikan artikel pendidikan seputa cara membuat pidato singkat beserta contonya. Sebelum kita masuk ke pembahasan bagaimana cara menyusun pidato yang benar, terlebih dahulu kita cari tau apa itu pidato.
cara membuat pidato singkat
Pengertian pidato. Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal.
Baca : Kumpulan Contoh Pidato
Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.

Macam-Macam Pidato

Ada beberapa macam jenis pidato yang diklasifikasikan berdasarkan sifat dari isi pidato. Macam – macam pidato tersebut diantaranya adalah :

1. Pidato Pembukaan

Pidato pembukaan adalah pidato singkat yang disajikan oleh seorang pembaca acara atau mc suatu kegiatan sebelum acaranya dimulai.

2. Pidato Pengarahan

Pidato pengarahan merupakan pidato yang bertujuan untuk mengarahkan pendengar pada suatu pertemuan.

3. Pidato Sambutan

Pidato sambutan adalah pidato yang disampaikan di dalam suatu acara atau kegiatan tertentu. Pidato ini biasanya diisi oleh beberapa orang yang bergantian dan dengan waktu yang terbatas

4. Pidato Peresmian

Pidato peresmian adalah jenis pidato yang dilakukan untuk meresmikan sesuatu.

5. Pidato Laporan

Pidato laporan adalah pidato bertujuan untuk melaporkan hasil suatu tugas atau kegiatan.

6. Pidato Pertanggungjawaban

Pidato ini adalah pidato yang berisi laporan pertanggungjawaban suatu kegiatan atau pekerjaan.

Cara Menulis Pidato

Cara menyusun Pidato. Ada beberapa unsur yang harus kamu perhatikan dalam menyusun naskah pidato. Adapun hal-hal urgen yang harus ada dalam naskah pidato yaitu:

Ucapan Penghormatan
Pada setiap pidato selalu diawali dengan penghormatan, baik ini pidato secara formal ataupun non formal. Biasanya pula penghormatan ditujukan pada pihak tertentu sebagai penyelenggara ataupun pihak secara umum.
Contoh:

Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah
Yang saya hormati Bapak/Ibu guru.
Yang saya hormati para tamu undangan,
Yang berbahagia teman-teman kelas X

Atau

Assalamu’alaikum Wr Wb
Yang terhormat kepala sekolah
Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru serta staf Tata Usaha
Dan teman-teman yang saya cintai
Ucapan Syukur
Dalam berpidato, ataupun ketika kamu menyusun naskah pidato, jangan lupakan ucapan syukur kepada Tuhan. Ucapan syukur tidak selalu diucapkan pada pidato-pidato agama, secara umumpun ucapan syukur tetap menjadi unsur utama.
Contoh:

“Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena kita masih diberi nikmat sehat sehingga kita semua dapat hadir di sini dalam keadaan sehat wal afiat tidak kurang suatu apapun.”
Isi Pidato

Bagian ini merupakan tombak dari isi pidato yang kamu sampaikan atau kamu tulis. Usahakan isi pidato tidak bertele-tele, apalagi pemborosan kalimat. Buatlah isi pidato yang jelas, tidak terlalu panjang dan mudah dipahami. Agar pidato mudah diterima oleh pendengar. kamu bisa menggabungkan antara isi pidato dengan kalimat, ‘pertama’, ‘kedua’ dan seterusnya. Tujuannya agar pendengar lebih mudah menangkap isi pidato yang kamu sampaikan.
Contoh:

Perkenankan pada kesempatan yang berbahagia ini, saya menyampaikan sebuah pidato yang berjudul orientasi hidup manusia modern.

Hadirin yang berbahagia,

Telah banyak kita lihat bahwa kehidupan modern telah menyeret manusia dalam kesibukan yang menguras banyak waktu. Jatah istirahat berkurang, juga padatnya jam kerja yang semua berorientasi pada dunia semata. Manusia modern menginvestasikan jatah waktunya untuk bekerja, menguras waktu demi uang yang mereka pikir ‘Akan membawa kebahagiaan’. Manusia berpikir bahwa uang adalah unsur kebahagiaan. Padahal jelas bahwa uang tak pernah menjamin kebahagiaan seseorang.

Dengan uang kita memang mampu membeli rumah, tapi bukan ketenangan, dengan uang kita memang mampu membeli obat, tapi bukan kesehatan, dengan uang kita mampu membeli buku, tapi bukan ilmu. Secara logika uang memang membeli apapun, tapi bukan berarti sesuatu yang mampu kita beli itu akan mengeluarkan kita dari zona kegelisahan. Banyak orang kaya stress, sakit-sakitan, dan banyak problema lain yang dialami oleh mereka yang hanya berorientasi pada dunia semata.

Hadirin yang berbahagia,

Telah dijelaskan dalam surat Al-Qasas bahwa seharusnya manusia berorientasi pada akhirat, sebelum dunia. Mendahulukan akhirat dan tak melupakan sebagian dari dunia. Bekerja memang diwajibkan, karena tanpa uang manusia tak akan mampu membeli berbagai hal, tapi bukan berarti uang sebagai satu-satunya alat pemuas kehidupan. Uang yang telah berhasil dicari wajib disedekahkan, sehingga dari hal tersebut tak akan melupakan kita pada kampung akhirat. Sejatinya apapun yang kita cari tetap tujuannya adalah akhirat. Bekerja dan mencari ilmu untuk akhirat. Sebuah kalimat bijak mengatakan, “Beribadah-lah untuk akhiratmu seolah engkau mati esok dan bekerjalah untuk duniamu seolah-olah engkau hidup selamanya.”

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga menjadi tambahan ilmu kita bersama. Apabila ada kesalahan saya memohon maaf dengan sebesar-besarnya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Penutup

Pada penutupan kamu bisa menyampaikan amanat pidato, permintaan maaf, dan ucapan terima kasih.
Contoh:

Demikian pidato yang saya sampaikan, semoga menjadi pelajaran kita bersama, sehingga kita dapat memulai perubahan menuju kondisi yang lebih baik. Saya memohon maaf apabila dalam pidato saya ada kesalahan yang disengaja ataupun tidak. Terima kasih banyak atas kesempatannya dan wassalam.

Contoh Pidato Tema Pendidikan


Berikut contoh pidato tentang pendidikan
Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang Saya hormati Kepala Sekolah MtsN Ngantru.

Yang saya hormati Wakil Kepala Sekolah MtsN Ngantru.

Yang saya hormati guru-guru MtsN Ngantru.

Beserta seluruh murid MtsN Ngantru yang berbahagia.

Pertama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat-Nya kita dapat berkumpul pada siang ini dalam keadaan yang sehat.

Mungkin sudah banyak diantara hadirin yang paham mengenai pengertian globalisasi, atau mungkin masih ada yang belum memahaminya?

Kali ini saya ingin sedikit mengajak hadirin semua untuk mengingat kembali beberapa pola hidup yang mengakibatkan globalisasi. Apa pengaruhnya bagi kita semua dan bagaimana kita menghadapi pengaruhnya.

Globalisasi berasal dari kata global yang memiliki arti menyeluruh. Globalisasi berarti proses penyebaran unsur-unsur baru yang mencangkup informasi dari seluruh dunia melalui media cetak atau elektronik.

Globalisasi mempunyai pengaruh yang hampir meliputi semua aspek lini kehidupan.

Misalnya, dalam bidang transportasi. Ada begitu banyak kendaraan yang dapat kita jumpai di jalan raya setiap harinya. Transportasi ini membuat orang lebih mudah untuk melakukan aktivitas ataupun pekerjaannya.

Hal ini tentu berbanding terbalik dengan zaman dahulu yang untuk ke suatu tempat yang diinginkan, seseorang harus rela menempuh perjalanan dengan jalan kaki.

Selain transportasi, sistem telekomunikasi juga mempunyai dampak global dalam aspek kehidupan. Sebagai contohnya adalah handphone. Zaman canggih seperti sekarang ini, handphone nampaknya sudah tidak dapat dipisahkan lagi dengan kehidupan kita.

Internet adalah salah satu contoh lain dari pengaruh globalisasi tersebut. Baik yang sudah tua maupun yang muda semua berlomba untuk dapat menggunakannya. Bahkan, tidak sedikit dari generasi muda yang bisa menemukan penemuan terbaru hanya melalui internet.

Dampak globalisasi juga mempengaruhi dunia kuliner di indonesia. Perlahan namun pasti masyarakat kita sudah dapat menerima makanan-makanan yang berasal dari luar negeri. Misalnya pizza, hamburger, kebab, spaghetti, ramen dan lainnya.

Aspek berikutnya adalah fashion. Tampak jelas sekali berbagai jenis pakaian yang booming di luar negeri segera di ikuti masyarakat kita.

Bidang lain yang tidak kalah heboh adalah olahraga. Kita sekarang sudah bisa menyaksikan melalui channel televisi yang menyiarkan secara langsung pertandingan olahraga dimanapun berada.

Begitu banyak aspek yang mampu dipengaruhi globalisasi. Hal ini jelas sebagai bukti bahwa setiap masyarakat mampu merasakan pengaruhnya.

Beberapa aspek yang telah dijelaskan di atas, menandakan bahwasanya pengaruh global sudah hampir merasuk dalam seluruh lini aspek kehidupan.

Semua orang tentunya merasakan pengaruh yang terjadi akibat globalisasi. Untuk itu, sebagai masyarakat kita harus bisa memilah dan memilih globalisasi ini dengan hanya mengambil manfaat baiknya saja dan menghiraukan unsur negatifnya, sehingga budaya dari manapun yang akan masuk ke Indonesia dapat terfilter dengan baik.

Apabila hal ini dapat dilakukan oleh semua masyarakat, maka ciri khas kearifan budaya Nusantara ini akan dapat dijaga dan dipertahankan dengan baik.

Semoga apa yang saya sampaikan ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua. Harapan kita bersama, semoga pengaruh globalisasi ini tidak akan merusak keutuhan kita berbangsa dan bernegara. Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr Wb.
Demikianlah artikel tentang cara menyusun pidato singkat atau cara membuat pidato singkat beserta contohnya. Jangan lupa klik share dan like. terima kasih!

0 Response to "Cara Membuat Pidato Singkat dan Contoh Pidato"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel