Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar. Selamat sore, kembali lagi saya membagikan artikel pendidikan seputar surat lamaran kerja atau surat lamaran pekerjaan. Namun sebelum melihat contoh surat lamaran kerja dibawah, silahkan simak dulu pengertian dari surat lamaran kerja dan kerangka surat lamaran kerja.

Surat lamaran kerja adalah surat yang dibuat sepanjang satu halaman penuh yang berisi tentang informasi pelamar kerja dan permohonan untuk menempati posisi tertentu, biasanya surat lamaran kerja dikirim beserta surat riwayat.
surat lamaran kerja yang benar
Dalam penulisan surat lamaran kerja, terdapat tiga paragraf penting yang harus anda perhatikan dengan cermat, paragraf pertama berisi tentang bagaimana anda mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan tersebut dan juga posisi yang ingin anda tempati dan juga alasan anda mengapa menginginkan posisi tersebut, ayo katakan dengan jujur, mau uang atau menambah pengalaman anda dan atau untuk mengembangkan diri anda sendiri.

Paragraf kedua berisi tentang ketrampilan anda, pendidikan terakhir, pengalaman kerja, atau sesuatu yang berkaitan dengan kelebihan anda sendiri yang berkaitan dengan lowongan tersebut dan yakinkanlah pembaca surat anda bahwa anda memang benar-benar cocok untuk bekerja di sana dan ini sangat penting menurut saya.

Di bagian paragraf ketiga tuliskanlah perasaan anda bila diundang untuk tes wawancara dan pastikan anda dapat dihubungi kapanpun di manapun untuk memastikan waktu dan tempat untuk mengikuti tes wawancara. Dalam penulisan surat lamaran kerja yang anda buat pastikan menulis nama perusahaan dan posisi yang anda inginkan dengan benar dan jangan lupa untuk membaca kembali surat anda untuk mengecek tulisan dan tata bahasa anda.

Jenis-jenis Surat Lamaran Pekerjaan

Menurut jenis pembuatannya surat lamaran pekerjaan terbagi menjadi dua, diantaranya yaitu :
  1. Surat lamaran pekerjaan yang digabungkan dengan riwayat hidup (curriculum vitae). Dalam cara ini, riwayat hiidup termasuk isi surat karena isinya berupa gabungan, cara ini juga disebut dengan model gabungan.
  2. Surat lamaran yang dipisahkan dari riwayat hidup. Dalam cara ini riwayat hidup merupakan lampiran dan cara ini disebut dengan model terpisah.

Unsur-Unsur Surat Lamaran Kerja

  1. Kepala surat
  2. Salam pembuka
  3. Tempat dan tanggal penulisan surat
  4. Tujuan surat lamaran pekerjaan
  5. Pembuka surat
  6. Lampiran persyaratan yang ditentukan
  7. Tanda tangan dan nama jelas pelamar
  8. Penutup surat
Baik, langsung saja, berikut contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar.
Surakarta, 27 Mei 2019

Kepada Yth.
HRD CIMB NIAGA FINANCE
Solo Baru

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                                : Adi Saputra
Tempat & tanggal Lahir   : Sukoharjo, 10 Juli 1997
Alamat                              : Kendal Sari, RT 01 RW 03 Kwarasan, Grogol, Sukoharjo
No. HP                              : 085 123 456 789

Dengan ini mengajukan surat lamaran pekerjaan kepada Bapak / Ibu Pimpinan untuk diterima menjadi karyawan di perusahaan yang Bapak / Ibu Pimpin. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan :
  1. Fotocopy Ijazah Terakhir
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Fotocopy SKCK
  4. Fotocopy KTP
  5. Pas Foto 4×6
Demikian untuk menjadikan periksa adanya, besar harapan saya untuk dapat diterima di Perusahaan ini. Atas perhatian dan terkabulnya permohonan ini saya ucapkan Terima kasih.

Hormat saya,


Adi Syaputra
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Posisi : Mengisi kekosongan jabatan atau formasi.
Karawang, 22 Maret 2019

Kepada Yth :
Direktur PT. Astra Persada,
Jl. H. Agus Salim No. 12 Karawang

Perihal : Lamaran Kerja
Lampiran : Enam (6) berkas

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                              : Lutfi Mustofa, SE
Tempat, Tanggal Lahir   : Jakarta, 2 Januari 1997
Alamat                            : Jl. R. Suprapto No. 13 Karawang
No. Telp/HP                    : 081324234556
Pendidikan Terakhir        : S1 Akuntansi

Dengan ini saya ingin mengajukan permohonan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk mengisi kekosongan formasi di perusahaan Bapak/Ibu.

Saya memiliki kemampuan desain web dan grafis serta kemampuan Microsoft Office seperti Excel. Ms. Word, Powerpoint, Outlock, Acces, dan kemampuan komputer di bidang pemrograman. Selain itu saya juga memiliki kemampuan bahasa inggris baik lisan maupun tertulis. Saya memiliki integritas dan loyalitas serta semangat kerja yang tinggi.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan pula beberapa berkas berikut ini:
  1. Pas Photo Berwarna 3 x 4 1 lembar
  2. Foto Copy Ijazah Terakhir 1 lembar
  3. Foto Copy KTP
  4. Daftar Riwayat Hidup
  5. Foto Copy Sertifikat Kemampuan Bahasa Inggris TOEFL
  6. Foto Copy Sertifikat Kursus Komputer
Demikian surat permohonan lamaran kerja ini saya ajukan. Besar harapan saya bapak/ibu pimpinan dapat mempertimbangkan permohonan saya untuk diterima di perusahaan yang bapak/ibu pimpin. Atas perhatiannya saya haturkan terima kasih.

Hormat Saya,


Lutfi Mustofa, SE
Demikianlah 2 contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar yakni Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Posisi: Mengisi kekosongan jabatan atau formasi dan surat lamaran kerja singkat biasa.

Jangan lupa klik like dan share ya.

0 Response to "Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel