Kalender Pendidikan 2019 2020 Provinsi Jawa Tengah

Kalender Pendidikan tahun pelajaran 2019/2020 untuk provinsi jawa tengah sudah dirilis, Disini admin sudah menyediakan link download kalender pendidikan untuk SD/SDLB/MI, SMP/SMPLB/MTs, SMA/SMALB/MA/SMK/MAK untuk tahun pelajaran 2019/2020. Dimana pada link download kalender pendidikan 2019 ini admin kutip dari situs resmi dinas pendidikan pemerintah provinsi jawa tengah.
Kalender Pendidikan 2019 2020 Provinsi Jawa Tengah
Apa Pentingnya Kalender Pendidikan ?

Setiap guru mata pelajaran setiap tahunnya harus menyiapkan administrasi pembelajaran, diantaranya :
  • Program Tahunan
  • Program Semester Ganjil dan Semester Genap
  • Alokasi Waktu Semester Ganjil dan Semester Genap
  • Kriteria Ketuntasan Minimal
  • Analisis Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
  • Silabus ( Waktu Tatap Muka )
  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Masih ada administrasi lainnya.

berdasarkan pengalaman penulis, Kalender Pendidikan adalah langkah awal dalam menyusun perangkat administrasi diatas, kenapa ya ?

Kalender Pendidikan biasanya berisikan kegiatan Akademik dan Non Akademik dalam satu tahun ajaran, mulai hari libur akhir semester ganjil dan genap, libur nasional, kegiatan ujian tengah semester, ujian akhir semester, try out, ujian sekolah, ujian nasional dan waktu pembagian raport semester ganjil dan genap, tetapi yang paling penting adalah penghitungan waktu efektif yang telah dijadwalkan oleh dinas pendidikan tingkat provinsi.

Kalender Pendidikan yang dikeluarkan oleh dinas pendidikan tingkat provinsi akan berbeda setiap provinsinya, sebagai contoh :

Pembagian Raport di daerah Jawa Barat akan berbeda dengan Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi lainnya, pengaturan waktu libur akhir semester ganjil dan genap juga berbeda.

Oke sekarang pentingnya Kalender Pendidikan !
  1. di dalam Kaldik ( Kalender Pendidikan ), dalam waktu 1 Bulan ada Jumlah Hari ( JH ), Jumlah Hari Minggu ( JHM ), Jumlah Hari Libur Nasional ( JHLN ) dan Jumlah Hari Efektif Belajar.( HE )
  2. Hari efekti = Jumlah Hari ( 1 Bulan ) – Jumlah Hari Minggu – Hari Libur Nasional
  3. setelah didapat beapa jumlah hari efektif belajar, maka ini adalah acuan untuk menentukan jumlah tatap muka pada setiap Kompetensi Dasar yang nantinya untuk menentukan Program Semester Ganjil dan Semester Genap yang pada akhirnya akan menentukan waktu tatap muka di Silabus dan RPP
Bila Kalender Pendidikan belum ada, maka akan terjadi ketidak cocokan antara jumlah waktu tatap muka yang ada di RPP, Silabus dan Program Semester Ganjil dan Semester Genap.

Jadi Kalender Pendidikan berfungsi untuk menentukan Jumlah Waktu Efektif Belajar dalam satu Tahun Ajaran yang akan berlangsung.

Langsung saja anda download Kalender Pendidikan 2019 2020 Provinsi Jawa Tengah pada link di bawah :

Kalender Pendidikan SD/SDLB/MI, SMP/SMPLB/MTs, SMA/SMALB/MA/SMK/MAK Tahun 2019/2020, Download di sini.

Semoga bermanfaat

0 Response to "Kalender Pendidikan 2019 2020 Provinsi Jawa Tengah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel