3 Contoh Teks Prosedur Sederhana + Pengertian, Struktur dan Kaidahnya

3 Contoh Teks Prosedur Sederhana + Pengertian, Struktur dan Kaidahnya. Teks prosedur sederhana adalah teks prosedur yang dapat ditempuh hanya dengan dua atau tiga langkah saja, contoh: prosedur mengoperasikan setrika. Sedangkan teks prosedur kompleks adalah teks prosedur yang terdiri atas banyak langkah dan langkah-langkah tersebut berjenjang dengan sublangkah pada setiap langkahnya.

Teks Prosedur Sederhana

Teks prosedur merupakan jenis teks yang mana terdiri dari adanya tahap- tahap maupun langkah yang di gunakan untuk melakukan suatu hal. Hal ini tentunya dapat menjadi apa saja, dari menyusun sesuatu yang nantinya akan di sajikan dengan cara berurutan ataupun dapat melakukan salah satu aktivitas yang tertentu.

Struktur teks prosedur tentunya sangat penting sekali pada saat pembuatan teksnya, dan struktur itu terbagi menjadi 3. Yang pertama ialah bagian tujuan, yang kedua adalah bagian material dan yang ketiga ialah bagian langkah- langkah. Penasaran seperti apa struktur teks prosedur? Simak penjelasan struktur teks prosedur berikut ini:

Tujuan
Untuk struktur tujuan yang ada di dalam teks prosedur memang cukup beragam, contoh yang paling sering kita jumpai ialah judul. Tak hanya itu saja, bisa saja tujuan tersebut berisi mengenai kenapa teks prosedur tersebut di buat.

Yang artinya, tujuan ini merupakan hasil akhir jika kita melakukan suatu hal yang mana mengikuti pedoman langkah- langkah yang ada di dalam teks prosedur tersebut.

Material
Untuk yang kedua adalah bagian material, dimana bagian ini akan membahas masalah alat, bahan, dengan kata lain membahas mengenai material apa saja yang di butuhkan.

Akan tetapi, tidak semua teks prosedur ini akan memakai bagian material. Umumnya, bagian material ini akan di tulis di dalam teks prosedur jika membahas mengenai pembuatan sesuatu. Contohnya saja, membuat minuman, makanan dan lainnya.

Langkah-langkah
Untuk bagian yang terakhir ialah bagian langkah- langkah yang mana di dalamnya menerangkan mengenai proses dari tahapan maupun langkah yang wajib untuk di laksanakan demi memperoleh hasil yang jauh lebih maksimal dimana sesuai dengan tujuan dari pembuatan teks prosedur.

Pada bagian ini, langkah- langkah wajib di susun dengan cara yang berurutan sebab nantinya akan membahas dari tahapan nol sampai pembahasan hasil pencapaian. Misalnya saja, pada saat kita membuat sebuah teks prosedur mengenai memasak tidak mungkin sekali jika kita akan menulis langsung mengenai menghidangkan masakan sebelum kita menjelaskan langkah- langkah dari proses penyiapan bahan dan proses memasaknya.

Contoh Teks Prosedur Sederhana

Cara Menggunakan Kompor Listrik
  1. Apabila Anda memasak dengan menggunakan kompor listrik maka sekiranya, usahakan untuk membuat masakan yang sederhana seperti memasak dan membuat nasi goreng.
  2. Jika akan membuat nasi goreng dengan menggunakan kompor listrik, maka sebelum kompor listrik tersebut panas dengan merata maka sebaiknya wajan lebih baik di taruh terlebih dahulu di atas kompor yang tengah di panaskan, sehingga pada saat nasi yang telah siap untuk di goreng tidak terlalu lama untuk menunggu wajan memanas. Tak hanya itu saja, pada saat wajan penggorengan belum panas maka jangan dulu mengambil nasi dari rice cooker. Akan lebih baik mengambil nasi jika wajan sudah mulai panas, kemudian baru Anda perlu untuk memasukkan bumbu- bumbu membuat nasi goreng.
  3. Jika Anda ingin membuat kue, lebih baik tidak memakai kompor listrik dan sangat di anjurkan untuk menggunakan kompor gas maupun kompor minyak. Jika Anda tetap menggunakan kompor listrik maka kue yang akan Anda buat nantinya memiliki rasa yang hambar. Selain itu, memasak dengan menggunakan kompor listrik juga akan jauh lebih lama karena harus menunggu kompor memanas sehingga untuk memasak saja membutuhkan banyak waktu.
Cara Membuat Telur Mata Sapi
Bahan-bahan:
  • Siapkan telur satu buah
  • Siapkan garam secukupnya
  • Siapkan juga mentega atau minyak goreng
Alat:
  • Siapkan kompor
  • Siapkan penggorengan seperti wajan atau tefon
  • Siapkan juga spatula
  • Siapkan piring
Cara Membuat:
  1. Untuk langkah pertama, nyalakan api dengan ukuran yang sedang saja.
  2. Kemudian langkah yang selanjutnya ialah dengan meletakkan wajan dan Tefon di atas kompor tersebut. Masukan mentega dan tunggu hingga meleleh dan panas.
  3. Lalu pecah telur dan tuangkan isi telur ke dalam wajan, jangan lupa untuk menambah garam secukupnya.
  4. Agar telur dapat matang secara sempurna, Anda bisa membalik telur dengan menggunakan spatula.
  5. Jika telur sudah matang, angkat lalu tiriskan sebentar agar nantinya minyak dapat hilang. Kemudian letakkan di atas piring, dan telur mata sapi pun sudah siap untuk di sajikan.
Cara Membuat Nasi Goreng
Makanan ini merupakan makanan yang lazim ditemui di masyarakat dengan berbagai variannya. Jika pembaca ingin membuat nasi goreng secara sederhana, langkah-langkah berikut bisa pembaca ikuti.

Bahan-Bahan:
  • Nasi putih secukupnya.
  • 1 butir telur.
  • Garam dan gula secukupnya.
  • Bawang merah dan putih 1 siung.
  • Minyak goreng atau mentega.
  • Kecap secukupnya.
  • Bumbu-bumbu lainnya sesuai selera (bubuk cabai, saus, dan sebagainya).
Alat-Alat:
  • Wajan
  • Kompor
  • Spatula
  • Piring
Cara Membuat:
  1. Iris bawang merah dan bawang putih hingga halus.
  2. Panaskan minyak di atas wajan. Jika menggunakan mentega, maka panaskan mentega di atas wajan hingga meleleh.
  3. Masukkan bawang merah dan putih yang telah diiris, telur, nasi putih, kecap, garam, gula, dan bumbu-bumbu lainnya ke atas wajan.
  4. Aduk dengan spatula hingga merata.
  5. Setelah matang, tiriskan sejenak lalu sajikan di atas piring. Nasi goreng pun siap untuk dinikmati.
Demikianlah beberapa contoh teks prosedur sederhana lengkap dengan gambar, pengertian, struktur dan kaidahnya.. Jangan lupa share ke rekan-rekan yang lain. Terim kasih!

0 Response to "3 Contoh Teks Prosedur Sederhana + Pengertian, Struktur dan Kaidahnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel