Contoh Cerpen Tema Pendidikan (Persahabatan di Sekolah)

Zona Pelajar. Kumpulan contoh cerpen persahabatan. Pada postingan kali ini admin akan membagikan contoh cerpen tema pendidikan tentang persahabatan di sekolah.

Pada postingan sebelumnya admin pernah membagikan materi penjas yakni Materi lompat jauh tentang Teknik dasar lompat jauh.
contoh cerpen tema pendidikan
Sebelum lanjut ke contoh cerpen tema pendidikan tentang persahabatan di sekolah, alangkah baiknya anda pelajari dulu teknik cara membuat cerpen, pengertian cerpen dan ciri-ciri cerpen.

Pengertian Cerpen

Pengertian Cerpen adalah jenis karya sastra yang berbentuk prosa naratif fiktif/ fiksi dimana isinya menceritakan/ menggambarkan kisah suatu tokoh beserta segala konflik dan penyelesaiannya, yang ditulis secara ringkas dan padat.

Pengertian cerpen adalah cerita yang pendek. Sesuai namanya, sebuah cerpen haruslah pendek dan singkat dan dapat dibaca dengan cepat. Terdapat unsur-unsur dan struktur cerpen yang ada pada jenis karangan ini. Selain itu juga ada ciri-ciri dan karakteristik cerpen yang khas pada cerita pendek.

Pada umumnya, isi cerita pendek berpusat pada satu tokoh dan situasi tertentu dimana ada puncak masalah (klimaks) dan penyelesaiannya.

Selain itu, di dalam cerita pendek atau cerpen terdapat kurang dari 10.000 kata saja, sehingga cenderung singkat dan padat.

Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli

1. Sumardjo dan Saini

Menurut Sumardjo dan Saini, pengertian cerpen adalah cerita fiktif atau tidak benar-benar terjadi akan tetapi bisa saja terjadi kapanpun dan dimanapun yang mana ceritanya relatif pendek.

2. Nugroho Notosusanto
Menurut Nugroho Notosusanto, pengertian cerpen adalah cerita yang panjangnya berkisar 5000 kata atau kira-kira 17 halaman kuarto spasi, dimana isinya terpusat dan lengkap pada dirinya sendiri.

3. H. B. Jassin
Menurut B. Jassin, arti cerpen adalah sebuah cerita singkat yang harus memiliki bagian terpenting yakni perkenalan, pertikaian dan penyelesaian.

4. Saini
Menurut Saini, arti cerpen adalah cerita pendek fiksi atau tidak benar-benar terjadi, tetapi bisa terjadi kapan saja dan dimana saja dimana cerita ini relatif singkat.

5. A. Bakar Hamid
Menurut A. Bakar Hamid, cerpen atau cerita pendek seharusnya dilihat dari kuantitas kata yang digunakan, yaitu antara 500 hingga 20.000 kata, terdapat plot, terdapat satu karakter, dan adanya kesan.

Ciri-Ciri Cerpen

Berikut akan kami jelaskan 13 ciri-ciri cerpen beserta penjelasannya lengkap, baik dari segi bahasa, plot cerita, penokohan, panjang kata dan lain-lain.

1. Jalan ceritanya pendek
Sesuai namanya, ciri-ciri cerpen yang paling utama adalah ceritanya pendek dan singkat. Dalam sebuah cerpen harus lebih pendek dari novel yang ceritanya lebih panjang dan lebih detail. Umumnya panjang cerpen antara 3 sampai 10 halaman buku.

2. Maksimal 10 ribu kata
Tidak ada aturan pasti memang, namun pada umumnya cerpen tidak boleh lebih dari 10.000 kata. Hal ini kemudian banyak diakui sebagai salah satu karakteristik cerpen. Artinya sebuah cerpen harus memiliki jumlah kata di bawah 10 ribu kata.

3. Bersifat fiktif
Ciri-ciri cerpen berikutnya adalah cerita yang ada pada cerpen bersifat fiktif. Cerita yang disajikan adalah buah pemikiran dari penulis, bisa dari imajinasi atau pengalaman, namun semuanya bersifat fiktif atau tidak terjadi pada kehidupan di nyata.

4. Hanya mempunyai 1 alur cerita saja
Ciri cerpen yang khas adalah cerpen hanya memiliki alur tunggal. Artinya plot cerita pada cerpen hanya memiliki 1 alur cerita saja. Tidak ada sub-plot atau alur cerita lain yang ada pada cerpen. Terdapat 1 alur berupa masalah dan penyelasaiannya di akhir cerita.

5. Ceritanya tentang kehidupan sehari-hari
Secara umum, isi cerpen biasanya menceritakan tentang kehidupan sehari-hari. Penggambaran cerita cerpen pun memiliki setting yang cukup familiar dengan pembacanya yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari yang dijalani tanpa unsur-unsur fantasi lainnya.

6. Dapat selesai dibaca sekali duduk
Cerpen merupakan cerita pendek yang kurang dari 10 ribu kata. Umumnya cerpen dapat dibaca dalam waktu singkat. Dengan kata lain, tidak membutuhkan waktu lama untuk membaca keseluruhan isi cerita cerpen seperti novel. Cerpen dapat selesai dibaca dengan sekali duduk.

7. Alur ceritanya lurus
Masih berhubungan dengan plot cerita, karakteristik cerpen lainnya adalah memiliki alur cerita yang lurus. Sebelumnya telah dibahas bahwa pada cerpen memiliki alur cerita tunggal. Selain itu alur cerita pada cerpen juga bersifat lurus atau maju sesuai kronologi waktu.

8. Penokohan cerita sangat sederhana
Salah satu hal yang membedakan cerpen dengan novel adalah penokohan pada cerpen sangatlah sederhana, tidak mendalam serta singkat. Hal ini tentu berbeda dengan novel atau karangan lain dimaan penokohan satu tokoh sangat detail dan mendalam.

9. Tidak menggambarkan semua kisah tokohnya
Selain penokohan yang sederhana, pada cerpen tidak menggambarkan semua kisah para tokohnya. Hal ini karena dalam cerpen yang digambarkan hanyalah inti sarinya saja. Artinya hanya tokoh utama saja yang diberi penokohan dan menjadi fokus cerita.

10. Terdapat masalah atau konflik dan penyelesainnya
Dalam cerpen akan ada suatu masalah atau konflik yang dihadapi oleh tokoh utama cerpen. Hal ini menjadi plot dasar yang selalu ada pada tiap cerpen. Selain itu di bagian akhir akan dijelaskan tahap penyelesaian masalah atau konflik tersebut.

11. Menggunakan kata yang sederhana
Ciri-ciri teks cerpen berikutnya adalah penggunaan kata yang sederhana dan ekonomis. Hal ini berbeda dengan kata pada puisi yang cenderung menonjolkan diksi dan estetika. Pemilihan kata pada cerpen cenderung simpel sehingga mudah dipahami oleh pembaca atau orang awam.

12. Memiliki pesan atau amanat
Pada sebuah cerpen biasanya mengandung sebuah intisari berupa pesan atau amanat yang bisa diambil. Memang pesan ini tidak tersurat secara jelas, melainkan hanya tersirat. Dengan kata lain, pembaca dapat mengambil hikman dan kesan dari isi cerita.

13. Meninggalkan kesan bagi pembacanya
Ciri-ciri cerpen selanjutnya adalah cerpen kerap kali meninggalkan kesan yang mendalam bagi pembacanya. Kesan yang ditinggalkan dari cerpen tersebut sangat mendalam sehingga pembaca dapat ikut merasakan kisah dari cerita yang ada pada cerpen tersebut.

Cara Membuat Cerpen

Untuk cara membuat cerpen, disini admin bisa menjelaskan satu per satu cara membuat cerpen karena admin fokus ke contoh cerpen tema pendidikan, cuku poin-poin penting saja dalam membuat cerpen atau menyusung cerpen. Ditunggu update selanjutnya untuk menjelaskan secara detail cara membuat cerpen yang baik dan benar.

Berikut poin-poin yang harus anda ketahui dalam membuat cerpen.
  1. Temukan Motivasi Menulis
  2. Pilih Tema yang Sesuai dengan Kemampuan dan Renjana
  3. Menentukan Jumlah, Nama, Sifat dan Peran Tokoh
  4. Membuat Alur Cerita yang Jelas
  5. Memilih Sudut Pandang
  6. Memperindah Cerpen dengan Susatra
  7. Menentukan Judul yang Mantap Betul
Nah, diatas admin sudah share pengertian cerpen, ciri-ciri cerpen dan poin cara membuat cerpen. Sekarang admin share contoh cerpen tema pendidikan tentang persahabatan di sekolah yang berjudul Cerpen Persahabatan Sejati SMP.

Contoh Cerpen Persahabatan Sejati SMP

Saat ini aku berada di kelas 3 SMP, setiap hari kujalani bersama dengan ketiga sahabatku yaitu aris, andri, dan ana. Kita berempat sudah bersahabat sejak kecil.

Suatu saat kami menulis surat perjanjian persahabatan di sobekan kertas yang dimasukkan ke dalam sebuah botol, kemudian botol tersebut dikubur dibawah pohon yang nantinya surat tersebut akan kami buka saat kami menerima hasil ujian kelulusan.

Hari yang kami berempat tunggu akhirnya tiba, kamipun menerima hasil ujian dan hasilnya kita berempat lulus semua. Kami serentak langsung pergi berlari ke bawah pohon yang pernah kami datangi dan menggali tepat dimana botol yang dahulu dikubur berada.

Kami berempat membuka botol tersebut dan membaca tulisan yang dulu pernah kami tulis. Kertas tersebut bertuliskan “Kami berjanji akan selalu bersama untuk selamanya.”

Kessokan hari, aris berencana untuk merayakan kelulusan kami berempat. Malamnya kami ber 4 pergi bersama ke suatu tempat dan disitulah saat-saat yang tidak bisa aku lupakan karena aris berencana untuk menyatakan perasannya kepadaku. Akhirnya aku dan anis berpacaran.

Begitu juga dengan andri, dia pun berpacaran dengan ana. Malam itu sungguh malam yang istimewa untuk kami berempat. Kami pun bergegas untuk pulang.

Ketika perjalanan pulang, entah mengapa perasaan ku tidak enak.

“Perasaanku ngga enak banget ya?” Ucapku penuh cemas.

“Udahlah ndi, santai aja, kita ngga bakalan kenapa-kenapa” jawab andri dengan santai.

Tidak lama setelah itu, hal yang dikhawatirkan nindi terjadi.

“Arissss awasss! di depan ada juang!” Teriak nindi.

“Aaaaaaaaaa!!!”

Bruuukkk. Mobil yang kami kendarai masuk ke dalam jurang. Aku tak kuasa menahan air mata yang terus mengalir sampai aku tidak sadarkan diri.

Perlahan aku buka mataku sedikit demi sedikit dan aku melihat ibu berada di sampingku.

“Nindi.. kamu sudah sadar nak?” Tanya ibuku.

“Ibu.. aku dimana? Dimana ana, andri, dan aris?” tanyaku.

“Kamu di rumah sakit nak, kamu yang sabar ya, andri dan aris tidak tertolong di lokasi kecelakaan” Jawab ibu sambil menitihkan air mata.

Aku terdiam mendengar ucapan ibu dan air mataku menetes, tangisku tiada henti mendengar pernyataan ibu.

“Aris, mengapa kamu tinggalkan aku, padahal aku sayang banget ke kamu, aku cinta kamu, tapi kamu ninggalin aku begitu cepat, semua pergi ninggalin aku.” batinku berkata.

2 hari berlalu dan aku berkunjung ke makam mereka, aku berharap kami bisa menghabiskan waktu bersama sampai tua. Tetapi sekarang semua itu hanya angan-angan. Aku berjanji akan selalu mengenang kalian.

Demikianlah contoh cerpen tema pendidikan tentang persahabatan di sekolah yang berjudul Persahabatan Sejati SMP, jangan lupa bantu share ya. Terima kasih!

0 Response to "Contoh Cerpen Tema Pendidikan (Persahabatan di Sekolah)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel