Materi Penjas : Jelaskan Teknik Dasar Lompat Jauh

Teknik Dasar Lompat Jauh. Selamat malam, kembali lagi admin membagikan artikel seputar materi bahan ajar yakni materi lompat jauh tentang teknik dasar lompat jauh. Baca juga postingan sebelumnya yang berjudul "Prinsip Persatuan dalam Keberagaman Suku, Agama, Ras dan Antargolongan".
teknik dasar lompat jauh

Teknik Dasar Lompat Jauh

Salah satu olahraga yang sering dilakukan di sekolah adalah lompat jauh. Jujur, olahraga ini merupakan salah satu olahraga favorit saya di sekolah, dan alhamdulillah saya selalu mendapat nilai yang baik ketika ada penilaian praktek maupun materi mengenai lompat jauh.

Sejarah Singkat Lompat Jauh

Bermula ketika 13 abad lalu, olahraga lompat jauh muncul tahun 708 Masehi saat ada Olimpiade Kuno di Yunani. Sejarah mencatat bahwa olahraga ini juga pernah dilakukan oleh peserta Sparta dengan panjang lompatan 7,05 meter.

Awalnya event dalam Olimpiade Kuno diadakan untuk tujuan latihan militer perang. Lompat jauh dipercaya bisa melatih ketangkasan prajurit perang dalam melompati rintangan seperti jurang atau parit.

Tetapi jangan disamakan teknik lompat jauh zaman dahulu dan sekarang, karena pasti berbeda.

Lompat jauh zaman dulu diawali dengan start lari pendek dan juga para pelompat harus membawa beban di kedua tangannya (dikenal dengan nama halteres) yang mempunyai bobot 1-4,5 kg.

Awal mula sejarah lompat jauh sejak 13 abad silam. Olahraga tersebut sudah ada dari tahun 708 Masehi saat ada Olimpiade Kuno di negara Yunani.

Lompat jauh juga termasuk satu-satunya event olahraga lompat yang telah dilombakan pada Olimpiade Kuno.

Berdasarkan catatan, ketika itu, lompat jauh pernah dijalankan peserta Sparta yang panjang lompatannya hingga 7,05 meter.

Mulanya, seluruh event yang diadakan pada Olimpiade Kuno dimaksudkan untuk bentuk latihan para militer perang. Kemunculan olahraga ini dipercaya sebagai latihan ketangkasan prajurit perang untuk melompati rintangan yang beda, misalnya parit ataupun jurang.

Ketika itu, teknik serta cara lompat jauh sangat beda dengan yang sekarang diterapkan. Pada zaman dulu dibuat dengan bentuk jamak. Pada event ini juga, pelompat cuma diperkenankan memakai start lari pendek.

Disamping itu, pelompat juga diharuskan untuk berlari sambil bawa beban pada kedua tangannya, atau dikenal sebagai halteres yang beratnya antara 1 hingga 4,5 kg.

Menurut bukti berupa lukisan jaman dulu, berupa tembikar yang dibuat ketika zaman itu, membuktikan jika teknik lompatan dibuat berkali-kali, sama dengan lompatan multiple, double-triple ataupun quin-triple.

Pada catatan sejarah, seorang atlit olimpiade kuno paling populer bernama Chionis, jetika Olimpiade tahun 656 telah berhasil menciptakan suatu lompatan melewati 7 meter lebih 5 sentimeter.

Saat ini lompat jauh telah menjadi bagian dari kompetisi Olimpiade dari pertama kali kemunculan lomba ini pada tahun 1896.

Pada akhirnya tahun 1914, bernama Dr. Harry Eaton Stewart telah merekomendasikan agar dibuat running broad jump distandarkan untuk atlit perempuan agar mereka pun dapat mengadakan kompetisi olahraga lompat jauh ini.

Akhirnya rekomendasi tersebut dipertimbangkan serta diterapkan. Dengan begitu, atlit perempuan pun bisa ikut kompetisi lompat jauh di level Olimpiade.

Walaupun olahraga ini bagian dari Olimpiade Kuno, namun baru di tahun 1896 ketika Olimpiade modern pertama, olahraga lompat jauh ini dilombakan dengan resmi, sementara bagi para wanita baru dimulai di tahun 1948.

Teknik Dasar Lompat Jauh

Pada olahraga lompat jauh ada 4 teknik dasar yang perlu anda pelajari, berikut 4 teknik dasar lompat jauh beserta penjelasannya. Materi teknik dasar lompat jauh ini bisa anda jadikan bahan materi makalah.

1. Awalan (Teknik dasar lompat jauh pertama)

Teknik awalan lari yaitu dari lari perlahan ke lari cepat, dan harus terkendali dan memungkinkan untuk melakukan tolakan. Jangan sampai melebihi garis tolakan yang sudah ditetapkan.

Disaat mendekati papan tolakan sekitar 3-5 langkah, kamu harus siap mengganti kecepatan gerak lari ke kecepatan tolakan dengan langkah terakhir yang pendek.

2. Tolakan (Teknik dasar lompat jauh kedua)

Langkah berikutnya setelah awalan yaitu tolakan, tolakan bertujuan agar tubuh terangkat ke atas dan melayang di udara. Tolakan berpengaruh besar terhadap jarak lompatan yang diperoleh.

Perlu diperhatikan, saat melakukan tolakan usahakan kaki sedikit ditekuk, menapakkan kaki, dan meluruskan tungkai untuk lepas landas.

Gerakan tolakan yang baik membutuhkan kekuatan, kecepatan, dan koordinasi gerakan yang memadai.

Cara melakukan tolakan/tumpuan:
  1. Ayunkan paha dan kaki ke posisi horizontal dan dipertahankan.
  2. Luruskan sendi mata kaki, lutut, dan pinggang pada saat melakukan tolakan.
  3. Bertolak ke depan dan ke atas.
  4. Sudut tolakan 45 derajat.

3. Melayang di Udara (Teknik dasar lompat jauh ketiga)

Di saat tubuh melayang di udara, usahakan agar tubuh tetap seimbang. Salah satu tips saat kondisi ini yaitu gerakan kaki seperti berjalan. Sehingga berjalan selama melayang di udara akan mempermudah kamu untuk melakukan pendaratan yang baik.

Hal yang perlu diperhatikan saat tubuh melayang di udara:
  1. Menjaga keseimbangan badan.
  2. Mengusahakan tahanan udara sekecil mungkin.
  3. Mengusahakan melayang di udara selama mungkin.
  4. Mempersiapkan kaki untuk pendaratan.

4. Pendaratan / Mendarat (Teknik dasar lompat jauh keempat)

Hal terakhir dalam teknik dasar lompat jauh yaitu pendaratan. Pendaratan dilakukan dengan cara menundukkan kepala, mengayunkan lengan, dan membawa pinggang ke depan.

Hal tersebut bertujuan agar anggota badan yang lain tidak mengenai pasir lebih belakang daripada kaki.

Berikut sedikit tips juga meningkatkan kemampuan teknik lompat jauh dan menghasilkan lompatan yang jauh. Perhatikan beberapa faktor berikut.
  • Penentuan jarak awalan yang tepat.
  • Penentuan irama lari awalan.
  • Kemampuan tolakan dan lepas landas.
  • Kemampuan gerak melayang di udara.
  • Kemampuan gerak saat pendaratan.
Demikianlah materi singkat seputar lompat jauh, materi penjas yang berjudul teknik dasar lompat jauh lengkap dengan penjelasan. Jangan lupa bantu share ya. Terima kasih!

0 Response to "Materi Penjas : Jelaskan Teknik Dasar Lompat Jauh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel